Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Bangka Barat Launching Posko Kawal Hak Pilih Pada Pemilihan Tahun 2024

POSKO KAWAL HAK PILIH BAWASLU KABUPATEN BANGKA BARAT

Mentok - Bawaslu Republik Indonesia sudah mencanangkan pengawalan secara ketat terhadap pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih melalui "Posko Kawal Hak Pilih".  Posko atau saluran pengaduan masyarakat tersebut secara serentak di dirikan di seluruh Indonesia di semua tingkatan, terutama di tingkat Desa oleh PKD, tingkat kecamatan oleh Panwaslu Kecamatan dan tingkat Kabupaten oleh Bawaslu Kabupaten. 

Deni Ferdian, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat menegaskan, Bawaslu kabupaten Bangka Barat mendirikan Posko secara fisik di kantor Bawaslu setempat, dan secara daring (media sosial, email dan WA Center). Disamping itu, Bawaslu Kabupaten Bangka Barat akan melakukan patroli kawal hak pilih mulai dari sekarang sampai hari pemungutan suara 27 November 2024. Patroli Kawal Hak Pilih bentuk aktif Bawaslu turun ke bawah, kalau posko itu untuk saluran informasi dan pengaduan masyarakat.

Launching Posko Kawal Hak Pilih secara nasional diselenggarakan di Gorontalo pada hari  Rabu 26 Juni 2024. Adapun Bawaslu Kabupaten Bangka Barat melaunching Posko Kawal Hak Pilih di hari berikutnya. Adanya Posko ini diikuti oleh jajaran Panwaslu Kecamatan dan PKD di tempat masing-masing.

Posko ini bertujuan untuk menjadi pusat informasi dan pengaduan terkait dengan pelanggaran yang mungkin terjadi selama tahapan pemilihan serentak 2024. Fokus utama Posko Kawal Hak Pilih ini adalah memastikan bahwa hak pilih setiap warga negara dihormati dan dilindungi.

Humas Bawaslu Bangka Barat